Sabtu, 20 Februari 2010

Sampah, Oh Sampah!

Jepang dikenal sebagai negara yang cukup bersih. Dalam menjaga kebersihan itu Jepang menerapkan sistem piket, seperti halnya piket dikelas. Setiap orang akan mendapatkan giliran masing-masing dan bertanggung jawab atas pekerjaanya itu. Tidak pandang status. Demikian pula, terhadap orang yang membuang sampah. Membuang sampah disana tidaklah gratis, tergantung besar dan jauhnya pembuangan.

Tempat sampah dibagi menjadi dua macam, sampah basah dan sampah non-basah. Sampah basah merupakan sampah-sampah yang bisa dibakar, seperti sisa-sisa makanan, dsb. Sedangkan sampah non-basah merupakan sampah yang tidak dapat terbakar, seperti kulkas, barang elektronik, besi, dsb. Karena apabila dibakar sampah-sampah itu akan menimbulkan gas beracun yang sangat berbahaya bagi kelangsungan kehidupan dibumi.

Dan dalam setiap membuang sampah mereka diwajibkan untuk memberi nama dan alamat pemilik. Apabila tidak disertakan alamat dan nama pemilik, sampah tidak akan diangkut oleh petugas kebersihan. Jadi, disana benar-benar bersih.

1 komentar:

Jon in my blog mengatakan...

WAh . . . piket bsma dunk,,,,,,

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Jon in My Blog | Design : Noyod.Com