Sabtu, 20 Februari 2010

WAH, BENARKAH? JADI BANGGA SAYA

Dunia tahu bahwa, negara tirai bamboo atau Jepang ini memiliki sistem pendidikan yang patut dicontoh, yakni pemerataan kualitas pendidikan. Dari pulau yang paling utara, Hokkaido hingga yang paling selatan dan terpendil, pulau Okinawa semua kurikulum pendidikan sama. Namun, tahukah anda? ternyata rasa ingin tahu orang Jepang lebih rendah dibandingkan dengan orang Indonesia. Orang Jepang tidak akan mau mempelajari sesuatu yang bukan bidangnya. Misalkan, anda orang Indonesia dan saya orang Jepang. Anda mengobrol dengan saya dengan satu topik misalnya, teknologi. Saya tidak akan paham hal mendasar apa pun tentang teknologi, karena itu bukan bidang saya, sedangkan anda sudah bicara ngalor-ngidul sampai mulut berbusa mengenai seluk beluk ilmu teknologi. Pemahaman ilmu pengetahuan umum orang Indonesia dengan orang Jepang jauh berbeda, orang Indonesia lebih tahu dari pada orang Jepang, akan tetapi tak setekun orang Jepang dalam memelajari bidangnya. Percaya, tidak percaya memang begitulah adanya. Namun, satu hal yang harus kita contoh dari mereka, yakni mau mengkaji secara tuntas bidang-bidang yang mereka kuasai itu. Semisal, saya orang Jepang yang sangat tertarik dengan dunia kesehatan hewan, maka saya akan mempelajari bidang tersebut sampai benar-benar paham. Maka, apabila suatu ketika seseorang membutuhkan mantri untuk sapinya, sayalah yang akan dipanggil. Karena saya sudah benar-benar memahami seluk beluk dunia kesehatan hewan. Bukan sembarang orang yang akan mengobati sapinya itu. Jadi, hal demikianlah yang menjadikan Jepang maju dalam segala bidang.


Saturday, February 20, 2010 05:37:05 PM

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Jon in My Blog | Design : Noyod.Com